Tugas dan tanggung jawab pelaut di atas kapal



Sebelumnya pasti banyak yang bertanya-tanya, bagaimana sich tugasseorang pelaut di atas kapal,apa yang mereka kerjakan di atas kapal, ketika kapal berlayar, di pelabuhan bongkar muat dan ketika kapal berlabuh jangkar di tengah laut. Sebagaimana orang yang bekerja di darat, pelaut juga mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan mereka di atas kapal, agar kegiatan operasional di kapal berjalan lancar.


Nakhoda/ Master/Captain
merupakan seorang pemimpin di atas kapal, bertanggung jawab langsung kepada perusahaan atas semua kegiatan yang terjadi di atas kapal. Seorang nakhoda kapal juga di tuntut untuk dapat melakukan manuver / olah gerak kapal. Selain itu nakhoda juga harus mampu berkomunikasi dan ber diplomasi dengan baik dengan pihak luar, misal dengan PSC(port state control), dengan port control, agen dan tentunya dengan orang perusahaan itu sendiri. Nakhoda disini dalam melakukan pekerjaan nya dibantu oleh beberapa orang assisten. Di antara nya ada Mualim 1, Mualim 2 dan Mualim 3.
Mualim 1 /Chief Officer
Mualim 1 bertanggung jawab sebagai kepala dek departemen, membuat program untuk perawatan kapal, menghitung muatan dan stabilitas kapal, dan tentunya tugas navigasi pada saat berlayar. Mualim 1 akan berjaga navigasi pada jam 04.00-08.00 dan 16.00-20.00. Untuk perawatan kapal Mualim 1 membantu anak buah dalam melakukan kerja harian pada jam 10.00-12.00. Pada saat kapal di pelabuhan Mualim 1 tidak di kenakan tugas jaga bongkar muat, tetapi harus stand by 24 jam bilamana sewaktu -waktu di butuhkan.

Mualim 2 / 2nd Officer
Mualim 2 bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan membuat garis peta jalannya pelayaran, mengkoreksi peta navigasi dan menjaga obat - obatan di atas kapal. Pada saat berlayar dan berlabuh jangkar mulalim 2 berjaga di anjungan pada jam 12.00-16.00 dan 00.00-04.00 Bilamana kapal di pelabuhan, Mualim 2 berjaga pada jam 12.00-18.00, 00.00-06.00.

Mualim 3 / 3rd Officer
Mualim 3 bertugas untuk merawat dan menjaga alat alat keselamatan agar peralatan tersebut siap di gunakan sewaktu-waktu bilamana terjadi keadaan darurat di atas kapal. Pada saat berlayar dan berlabuh jangkar mulalim 3 berjaga di anjungan pada jam 08.00-12.00 dan 18.00-24.00. Bilamana kapal di pelabuhan, Mualim 3 berjaga pada jam 06.00-12.00, 18.00-00.00.

KKM(Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer

KKM bertanggung jawab untuk seluruh mesin di atas kapal, perawatan dan pemeliharan mesin kapal secara berkala, berkomunikasi secara langsung kepada perusahaan mengenai masalah permesinan kapal. Untuk melaksanakan tugas tersebut KKM di bantu oleh beberapa Assisten. Berikut ini adalah Masinis(sebutan untuk engineer di kapa) yang di tugaskan untuk membantu KKM.

Masinis 1/ 1st Engineer

Bertanggung jawab untuk perawatan main engine (mesin penggerak utama), 1st Engine memastikan agar mesin kapal dalam keadaan fit untuk kelancaran operasional di atas kapal. Perawatan mesin utama kapal dilakukan pada saat kapal dalam keadaan berhenti atau berlabuh jangkar. Pada saat berlayar, berlabuh jangkar dan di pelabuhan masinis 1 berjaga di kamar pada mesin jam 16.00-20.00 dan 04.00-08.00.

Masinis 2/ 2nd Engineer
Bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan perawatan terhadap auxilary engine (mesin pendukung) dalam hal ini adalah generator kapal (pembangkit listrik utama di kapal), Pada saat berlayar, berlabuh jangkar dan di pelabuhan masinis 2 berjaga di kamar mesin pada jam 12.00-16.00 dan 00.00-04.00.


Masinis 3 / 3rd Engineer
Bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan perawatan mesin tambahan di kapal, seperti mesin windlass(untuk menghibob ataupun mengarea tali/jangkar), mesin alat bongkar kapal (cargo crane), pompa-pompa di kapal dll. Pada saat berlayar, berlabuh jangkar dan di pelabuhan masinis berjaga di kamar mesin pada jam 08.00-12.00 dan 18.00-24.00. Bilamana tidak ada pergerakan kapal, masinis 3 akan melakukan perawatan mesin- mesin tersebut di atas.


ABK (Anak Buah Kapal)
Terdiri dari Bosun (bertugas di lapangan langsung untuk perawatan kapal), AB / Juru Mudi (bertugas mengemudikan kapal, assiten perwira jaga pada saat dinas jaga di anjungan dan kegiatan bongkar muat di pelabuhan serta membantu bosun kerja di lapangan), Kelasi ( Assisten bosun, membantu bosun dalam melakukan perawatan kapal),Chief Cook (Koki bertugas untuk mengolah dan memasak makanan di atas kapal serta bertanggung jawab untuk mengatur penyimpanan makan di tempat penyimpanan makanan, Steward(Pelayan, membantu koki untuk menyiapkan makanan dan menjaga kebersihan dapur , akomodasi, smooking room, dan ruangan kapal lainnya) Oiler (Merupakan assisten dari masinis, membantu tugas daripada masinis untuk perawatan mesin kapal.



Semoga informasi di atas dapat bermanfaat menambah wawasan tentang kegiatan, tugas dan tanggung jawab seorang pelaut di atas kapal.

Comments

Popular posts from this blog

Alamat Email Perusahan Bunker Barge

Persiapan Untuk Sekolah Pelayaran