Cara menjadi pelaut (bag.2) - Bagaimana caranya menjadi anak buah kapal

Setelah lama tidak menulis, saya hadir kembali untuk menulis berbagi informasi seputaran cara menjadi pelaut. Bilamana anda mempunyai anak,saudara, teman atau bahkan mungkin anda sendiri yang ingin berlayar di kapal niaga untuk merubah nasib untuk membahagiakan keluarga, maka anda dapat meniti karir sebagai pelaut dari nol dari jalur umum. Tidak ada kata terlambat untuk memulai segala. Dengan semangat, kesabaran, ketekunan dan bekerja keras anda dapat menjabat sebagai perwira di atas kapal meskipun waktu yang di tempuh lebih lama.

Siapkan dana untuk biaya diklat pengambilan sertifikat untuk memenuhi persyaratan menjadi seorang pelaut. Ada beberapa lembaga badan diklat di Indonesia sebagaimana yang pernah saya tulis pada "cara menjadi pelaut bagian 1", tetapi saya menyarankan untuk mengambil sertifikat yang terdekat dengan tempat tinggal anda untuk menghemat biaya transportasi dan lain lain. Oh iya, sebelum mengambil sertifikat pertimbangkan terlebih dahulu, apakah di atas kapal nanti anda ingin bekerja di deck atau engine departemen. Jangan sampai salah jurusan ya,... Saran saya, bila anda mempunyai ijazah terakhir SMK mesin maka pilihlah jurusan mesin karena akan lebih mudah menyesuaikan pekerjaan di atas kapal. Atau di sesuaikan dengan bakat dan minat anda masing-masing.


Adapun minimum sertifikat yang harus diambil adalah :


1. BST (Basic Safety Training)
     Pengetahuan dasar tentang keselamatan di atas kapal memberikan pembekalan dan pemahaman antisipasi apabila suatu saat terjadi kecelakaan atau keadaan darurat di laut sehingga para pelaut dapat menolong dirinya sendiri maupun orang lain dan dapat mengurangi resiko sekecil kecilnya. Biaya sekitar Rp 1.850.000, Lama diklat 7 -10 Hari Kerja.


2. AFF (Advanced Fire Fighting)
    Pengetahuan tentang penanganan kebakaran di atas kapal. Peserta diklat akan diberikan ketrampilan untuk menangani berbagai jenis penyebab terjadinya kebakaran. Biaya diklat sekitar 1.700.000 Lama diklat 7 Hari Kerja.


3. SAT (Security Awareness Training)
    Pelatihan untuk keamanan, terutama dalam mengatasi masalah bajak laut di atas kapal. Biaya Diklat 600.000. Lama Diklat 2 Hari Kerja.

4. SDSD(Seafarers with designated Duties)
    Pelatihan yang masih berhubungan dengan tugas jaga keamanan di atas kapal. Biaya Diklat 1.000.000. Lama Diklat: 2 Hari Kerja.

5. MFA(Medical First Aid and Training Program)
   Pelatihan untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan di atas kapal. Biaya Diklat 900.000. Lama Diklat :3 Hari Kerja.


6. PSCRB ( Proficiency In Survival Craft and Rescue Boat Training Program)


Pelatihan untuk memberikan cara bertahan hidup di atas laut, bilamana kapal kita tenggelam di laut. Biaya Diklat 2.000.000 Lama Diklat 4 Hari Kerja.


7. Rating Forming Part Of An Navigation Watch (RFNW/ANTD)


Pelatihan pengetahuan tentang ilmu navigasi dan tugas di atas kapal untuk tingkat dasar. Biaya Diklat 3.150.000 Lama Diklat 12 Hari Kerja


8. Rating Forming Part Of An Engine Watch (RFEW/ATTD)


Pelatihan Pengetahuan tentang ilmu permesinan kapal untuk tingkat dasar. Biaya Diklat 3.150.000 Lama Diklat 12 Hari Kerja


Untuk menempuh diklat di atas, beberapa persyaratan harus di penuhi :


Usia minimal: 17 tahun


KTP: Foto copy & Asli


Akta Kelahiran Foto copy & Asli


Ijasah umum min SLTP Foto copy & Asli


Berbadan sehat dan tidak buta warna, dengan menunjukan surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk.


Bagi anda yang berminat di deck departmen maka ambil diklat Rating Forming Part Of An Navigation Watch (RFNW/ANTD). Sebaliknya anda yang berminat di engine departmen maka ambil Rating Forming Part Of An Engine Watch (RFEW/ATTD). Adapun sertifikat tambahan yang harus anda ambil bilamana anda berminat bekerja di type kapal tertentu,misal kapal tanker maka anda harus mengambil sertifikat BOCT(Basic Training for Oil and Chemical Tanker Cargo).



Salam Popeye




Comments

  1. pak haryoko, bagaimana jika dengan background jurusan diluar yang bapak jelaskan, sya pengen masuk di nautika, saya 22 tahun dan dari smk perhotelan. apakah bisa sya mendaftar, karena ada sahabat yg menyarankn saya untuk tet di pip makassar?

    ReplyDelete
  2. Mas Anwar, untuk jurusan smk perhotelan tidak dapat masuk ke jurusan nautika, teknika ataupun tata laksana. Untuk memastikan nya anda dapat menghubungi via telepon bagian informasi di salah satu sekolah pelayaran tersebut mas. Tetapi masih ada jalan lain mas, caranya anda berlayar dahulu kemudian merintis dari awal. Ambil Diklat ANT V, terus berlayar lagi 2 tahun, setelah itu ambil Diklat ANT IV dan seterusnya sampai anda mendapatkan tingkat AnT yang di cita-cita kan. Tidak sedikit kok mas, teman seprofesi saya ambil dari dasar sampai akhirnya mendapatkan ijazah tertinggi(Ant I). Semangat mas, selamat berjuang, mumpung masih muda, untuk masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  3. Pak haryoko, sya tdk jauh beda dg mas anwar, sya lulus kuliah fak. syariah, tapi sdikit bnyak prnah belajar ilmu astronomi.. rncananya pngin ambil yg brhubungan dg navigasi kapal.. apa dg hnya ambil pelatihan n dpat sertifikat RFNW/ATND bisa lngsung melamar kerja? Mhon penjelasannya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan mengambil mininum atau beberapa sertifikat untuk persyaratan berlayar seperti Able Cert(Untuk Jurusan Deck Department) Engine Cert (untuk Engine Departement), SCRB, BST, AFF, BOCT(untuk kapal tanker) bisa di gunakan untuk melayar ke perusahaan pelayaran.

      Delete
  4. kunjungi Blog tentang perikanan, kelautan dan pelayaran

    http://perikanan38.blogspot.com
    http://penyuluhpi.blogspot.com
    http://ternak38.blogspot.com
    http://penyuluhku38.blogspot.com
    http://hisyam38.blogspot.com
    http://hidup38.blogspot.com
    http://auto3838.blogspot.com
    http://gado2khpn.blogspot.com
    http://okeball38.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. kunjungi Blog tentang perikanan, kelautan dan pelayaran

    http://perikanan38.blogspot.com
    http://penyuluhpi.blogspot.com
    http://ternak38.blogspot.com
    http://penyuluhku38.blogspot.com
    http://hisyam38.blogspot.com
    http://hidup38.blogspot.com
    http://auto3838.blogspot.com
    http://gado2khpn.blogspot.com
    http://okeball38.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular posts from this blog

Alamat Email Perusahan Bunker Barge

Tugas dan tanggung jawab pelaut di atas kapal

Persiapan Untuk Sekolah Pelayaran