Cara menjadi pelaut (bag. 1)

Saat seorang pelaut memulai
karir pada perusahaan kapal asing sebagai perwira junior digaji dengan
cukup menggiurkan, dengan kisaran gaji USD $2000- 3000 per bulan.
Bayangkan saja, jika gaji pelaut pemula seperti tersebut di atas, maka berapa gaji pelaut senior....? gaji pelaut senior seperti posisi master, chief officer dan chief engineer bisa mencapai kisaran $5000-10000 per bulan. Dengan gaji yang lumayan besar itu bisa mengantarkan seorang ke masa depan yang lebih baik. Selain itu menjadi seorang pelaut mempunyai pengalaman yang menyenangkan yakni bisa keliling dunia gratis, jalan-jalan gratis di negeri orang yang tentunya kalau untuk orang darat hanya bisa dilakukan orang-orang berduit saja. Keuntungan lain menjadi seorang pelaut adalah berteman dengan rekan kerja dari bangsa lain bertukar cerita yang dapat menambah wawasan dan kemampuan bahasa inggris kita. Sebagian besar orang yang tidak tertarik untuk menjadi pelaut, karena image pelaut itu sendiri itu sudah tidak baik di mata masyarakat, pelaut terkenal hura-hura, dekat dengan alkohol dan perempuan-perempuan nakal. Selain itu kerja pelaut yang jauh dari keluarga, dengan kontrak kerja yang lama menjadikan seseorang enggan menjadi seorang pelaut. Untungnya pelaut zaman sekarang sudah sadar akan pentingnya menabung dan berinvestasi. Mereka menggunakan hasil kerjanya untuk berbisnis dan kegiatan positif lainnya. Untuk durasi kontrak itu sendiri tidak sedikit dari perusahaan pelayaran merubah sistem kontrak kerja dengan mengatur jadwal cuti pelaut lebih pendek. Saya sendiri bekerja di perusahaan dengan sistem 40 hari kerja dan 20 di rumah dengan dibayar gaji penuh pada saat di rumah. Alhamdulillah pada saat di rumah momong anakpun di gaji sama perusahaan. he..he..he.... Melalui blog ini saya membagikan pengalaman pribadi hidup sebagai seorang pelaut, mengisi kekosongan waktu di atas kapal dengan menulis. Mudah-mudah menjadikan berkah dan mendapat ridho allah swt. Bagi anda yang berminat menjadi pelaut seperti saya silahkan baca blog ini, agar mendapatkan informasi yang benar dari pelautnya sendiri.
Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pelaut, perjalanan pelaut dimulai pada saat anda duduk dibangku SMA ataupun SMK, dari situ anda harus sudah mengambil start untuk memutuskan sekolah pelayaran dimana dan jurusan apa yang akan anda ambil. Adapun di Indonesia banyak terdapat sekolah pelayaran baik yang negeri ataupun swasta. Diantaranya adalah PIP Semarang , STIP Jakarta, PIP Makasar, AKPELNI Semarang, AMNI Semarang, AIPI Makasar, Akademi Maritim Djadajat Jakarta dan lain-lain. Sebelum anda mendaftarkan diri di antara sekolah tersebut di atas, pertimbangkan dengan baik karena setiap sekolah mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bayangkan saja, jika gaji pelaut pemula seperti tersebut di atas, maka berapa gaji pelaut senior....? gaji pelaut senior seperti posisi master, chief officer dan chief engineer bisa mencapai kisaran $5000-10000 per bulan. Dengan gaji yang lumayan besar itu bisa mengantarkan seorang ke masa depan yang lebih baik. Selain itu menjadi seorang pelaut mempunyai pengalaman yang menyenangkan yakni bisa keliling dunia gratis, jalan-jalan gratis di negeri orang yang tentunya kalau untuk orang darat hanya bisa dilakukan orang-orang berduit saja. Keuntungan lain menjadi seorang pelaut adalah berteman dengan rekan kerja dari bangsa lain bertukar cerita yang dapat menambah wawasan dan kemampuan bahasa inggris kita. Sebagian besar orang yang tidak tertarik untuk menjadi pelaut, karena image pelaut itu sendiri itu sudah tidak baik di mata masyarakat, pelaut terkenal hura-hura, dekat dengan alkohol dan perempuan-perempuan nakal. Selain itu kerja pelaut yang jauh dari keluarga, dengan kontrak kerja yang lama menjadikan seseorang enggan menjadi seorang pelaut. Untungnya pelaut zaman sekarang sudah sadar akan pentingnya menabung dan berinvestasi. Mereka menggunakan hasil kerjanya untuk berbisnis dan kegiatan positif lainnya. Untuk durasi kontrak itu sendiri tidak sedikit dari perusahaan pelayaran merubah sistem kontrak kerja dengan mengatur jadwal cuti pelaut lebih pendek. Saya sendiri bekerja di perusahaan dengan sistem 40 hari kerja dan 20 di rumah dengan dibayar gaji penuh pada saat di rumah. Alhamdulillah pada saat di rumah momong anakpun di gaji sama perusahaan. he..he..he.... Melalui blog ini saya membagikan pengalaman pribadi hidup sebagai seorang pelaut, mengisi kekosongan waktu di atas kapal dengan menulis. Mudah-mudah menjadikan berkah dan mendapat ridho allah swt. Bagi anda yang berminat menjadi pelaut seperti saya silahkan baca blog ini, agar mendapatkan informasi yang benar dari pelautnya sendiri.
Ada 3 jurusan di sekolah pelayaran yaitu jurusan nautika, teknika dan tata laksana.
- Jurusan yang pertama adalah nautika dimana seseorang akan didik sebagai seorang navigator, mempelajari tentang ilmu pelayaran, penanganan muatan, perencanaan pelayaran, olah gerak kapal dll. Syarat untuk masuk jurusan nautika adalah dari SMA IPA atau SMK pelayaran nautika. Setelah lulus dari pendidikan jurusan ini anda akan menjadi perwira deck di atas kapal niaga ataupun pengeboran minyak, ataupun bila suatu saat nanti anda menginginkan kerja di darat anda dapat bekerja sebagai surveyor biroklasifikasi asing / domestik, masuk instansi pemerintah, TNI / POLRI, Syahbandar. Lulusan dari jurusan nautika mendapatkan gelar sertifikat ANT III (Ahli Nautika Tingkat III).
- Untuk jurusan yang kedua adalah teknika dimana seseorang akan didik sebagai seorang engineer kapal, mempelajari ilmu permesinan kapal. Syarat untuk masuk jurusan nautika adalah dari SMA IPA atau SMK mesin. Setelah lulus dari pendidikan jurusan ini anda akan menjadi perwira mesin di atas kapal niaga / pengeboran minyak, ataupun bila suatu saat nanti anda menginginkan kerja di darat anda dapat bekerja sebagai surveyor biroklasifikasi asing / domestik, masuk instansi pemerintah, TNI / POLRI, technical marine. Lulusan dari jurusan Teknika a mendapatkan gelar sertifikat ATT III (Ahli Nautika Tingkat III).
- Untuk jurusan yang ketiga adalah tata laksana dimana seseorang akan didik sebagai seorang ahli administrasi pelabuhan, mempelajari ilmu ekonomi, asuransi maritim, perizinan eksport import barang. Syarat untuk masuk jurusan tatalaksana adalah dari SMA IPS dan IPA. Setelah lulus dari pendidikan jurusan ini anda siap bekerja di perusahaan nasional dan internasional, BUMN dan instansi pemerintah yang bergerak di bidang logistik, bongkar muat, surveyor, export import, asuransi maritim.
Pada sekolah pelayaran swasta program pembelajaran DIII, pada program ini akan memakan waktu 3 tahun yang dibagi menjadi 6 semester, semester 1, 2, 3 dan 4 pelajaran teori dan praktek di kampus, semester 5 dan 6 praktek di kapal niaga, setelah itu dilanjutkan dengan ujian profesi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi ANT / ATT III.
Bagi anda yang ingin menjadi pelaut dari jalur umum akan saya bahas dalam tulisan saya berikutnya.
Salam Popeye.
Maap pak saya mau tanya,apakah lulusan d3 nautika pangkatnya juga perwira? terimakasih pak
ReplyDeleteMohon maaf baru bisa membalas, karena masih on board. Untuk lulusan D3 Nautika akan mendapatkan 2 ijazah. Yaitu ijazah darat(Diploma III) dan ijazah laut (ANT III).Ijazah ANT III digunakan di atas kapal dengan posisi sebagai seorang perwira / Mualim (Deck Officer).
DeleteIzin kan saya untuk menjawab pertanyaan saudara : untuk ijazah laut di kenal dengan sebutan ANT atau pun ATT jadi jika saudara masuk ke jurusan teknik dan nautik anda akan mendapat 2 ijazah di akhir masa kuliah anda jika anda kuliah dengan 8 semester maka ijazah darat nya anda D4 jika masa kuliah 3 tahun anda sudah selesai maka ijazah D3 sedangan untuk ijazah laut nya anda di posisi ANT dan ATT 3 untuk anda yang tamatan dari akademi. Nah jika anda menanyakan ANT dan ATT 3 itu sudah termasuk perwira di atas kapal. Karena jika anda kuliah di jurusan nautika anda pasti akan mendapat ijazah ANT 3 dan ijazah D3. Sekian penjelasan saya semoga bisa membantu. Jika ada kurang mohon dari teman2x yg lain bs menambah. Thanks.
ReplyDeleteDi darat berkarya di laut berjaya.
Terimakasih sudah membantu menjawab,kebetulan saya masih di atas kapal, baru buka blog.
DeleteLanjut bagian keduanya pak :)
ReplyDeleteSiap Mas, Insya Allah Secepatnya saya lanjut -) Sorry baru bisa lanjut,
DeletePak saya lulusan smk it..bisa gak sekolah nautika..soalnya banyak sekolah yg mengharuskan ipa agar bisa masuk nautika
ReplyDeleteMas, untuk jurusan SMK nggak bisa masuk jurusan nautika. Nautika untuk jurusan IPA, Teknika untuk jurusan IPA dan SMK, Tatalaksana untuk jurusan IPA dan IPS. Untuk IPA dapat memilih semua jurusan mas.
DeleteMas, untuk jurusan SMK nggak bisa masuk jurusan nautika. Nautika untuk jurusan IPA, Teknika untuk jurusan IPA dan SMK, Tatalaksana untuk jurusan IPA dan IPS. Untuk IPA dapat memilih semua jurusan mas.
Deletepak kalau lulusan smk kelautan,pelayaran jurusan nautka kapal penangkap ikan . itu bisa masuk kerja di bagian syahbandarnya kah? atau pelabuhannya
ReplyDeletepak kalau lulusan smk kelautan,pelayaran jurusan nautka kapal penangkap ikan . itu bisa masuk kerja di bagian syahbandarnya kah? atau pelabuhannya
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeletePenyakit apa saja yang tidak di perbolehkan menjadi pelaut mas?
ReplyDeletePenyakit apa saja yang tidak di perbolehkan menjadi pelaut mas?
ReplyDeletemas, syarat utama untuk menjadi pelaut baik untuk officer dan aanak buah kapal adalah tidak buta warna dan tidak ada gangguan pendengaran
DeleteMas haryoko, mohon maaf saya mau nanya. Jika lulusan dari akademi negri D-IV, ijasah yg di peroleh ANT-III atau ANT II?
ReplyDeleteMohon di balas ya mas. Terima kasih
Ijsh yg di peroleh tetap ANT3.. untuk mendapatkan ijasah ANT 2 harus melalui proses masa layar.. minimal 2tahun berlayar stelah lulus dari ANT3 , dan baru bisa melanjutkan kuliah ke ANT2..
DeleteTerima kasih mas felix trias sudah dibantu menjawab,selain ANT III kita juga mendapatkan ijazah darat Diplomas IV yang nantinya digunakan untuk melamar kerja darat bilamana kita tidak ingin berlayar.
DeleteAnt II mas, coba mas buka lagi di internet ��
ReplyDeleteAnt II mas, coba mas buka lagi di internet ��
ReplyDeleteKalau dari DIII apakah kita bisa sekolah lagi untuk mengambil DIV terimakasih
ReplyDeleteJika d3 langsung transfer s1 tdak perlu ke D4..
DeleteIzin bg berapa lama durasi kuliah nya dari d 3 ke s1
Deletemas mau nanya kalo lulusan smk jurusan teknik informasi apa masih bisa masuk akademi pelayaran ?
ReplyDeleteUntuk teknik informasi bisa masuk di akademi pelayaran untuk jurusan Ketatalaksanaan pelabuhan niaga..
Deletekalu smk jurusan mesin biaya kulih di akedmi bra pak?
ReplyDeleteNumpang nya klau smk jurusan komputer apa bisa lanjut pelayaran jurusan tehnika? Mohon di jawab
ReplyDeleteAda gak program pendidikan lanjutan untuk d3 agar bisa jadi d4
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteNumpang nanya kalau cara untuk menjadi kapten atau nahkoda itu caranya bagaimana ya? Trims.
ReplyDeleteMaaf mau nanya, saya sekolah Smk pelayaran jurusan nautika. Apakah kedepannya bisa sekolah di darat atau dilaut tanpa mengikuti ujian negara. Kemudian setelah lulus nanti kerja didarat yang layak itu apa? Dan dikapal itu sebagai apa apabila sudah mempunyai pangkat rating
ReplyDeleteMaaf mau nanya, saya sekolah Smk pelayaran jurusan nautika. Apakah kedepannya bisa sekolah di darat atau dilaut tanpa mengikuti ujian negara. Kemudian setelah lulus nanti kerja didarat yang layak itu apa? Dan dikapal itu sebagai apa apabila sudah mempunyai pangkat rating
ReplyDeleteMaaf mau nanya, saya sekolah Smk pelayaran jurusan nautika. Apakah kedepannya bisa sekolah di darat atau dilaut tanpa mengikuti ujian negara. Kemudian setelah lulus nanti kerja didarat yang layak itu apa? Dan dikapal itu sebagai apa apabila sudah mempunyai pangkat rating
ReplyDeletemenjadi pelaut tidak hanya skill tetapi juga mental,,,karena pada dasarnya pelaut adalah orang orang pemberani
ReplyDeleteMau nanya nih, kalo D3 nautika, lanjut ke S1nya apa ya?
ReplyDeleteMau tanya Pak kalau lulusan S1 teknik mesin bisa lanjut ke sekolah pelayaran tidak ya?
ReplyDeleteKlw bisa gimana sistematikanya ?
Salam damai, sya mau bertanya.
ReplyDeleteApakah tamatan Sma jurusan Ips bisa berlayar? Atau dikhususkan kerja di Pelabuhan?
Terimah kasih.
Mau.bertanya pak. Kalau saya lulusan d3 teknik mesin kalau pengen jadi pelaut melanjutkan sekolah apa ? atau bisa langsung ? Terimakasih
ReplyDeleteMaap pak saya mau tanya... Apakah lulusan bp2ip tangerang hanya mendapat 1 ijazah saja(ant/att 4)???
ReplyDeleteMohon izin bertanya, sekarang saya ingin masuk sekolah pelayaran swasta, sedangkan diswasta hanya D-3, yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara untuk meneruskan pendidikan dari D-3 menuju D-4?? Dan mohon arahannya, karena saya mempunyai tujuan untuk masuk SIPSS, sedangkan persyaratannya adalah Nautika D-4 bukan Nautika D-3.
ReplyDeletehalo gan, saya prayogi yang punya website tkisukses.com
ReplyDeletewau tukar link gak gan biar website kita sama-sama peringkat di google?
terimakasih sebelumnya :D
halo gan, saya prayogi yang punya website tkisukses.com
ReplyDeletewau tukar link gak gan biar website kita sama-sama peringkat di google?
terimakasih sebelumnya :D
Mau tanya
ReplyDeleteKalo kita dari smk pelayaran mau ambil rating syarat nya apa ya
ReplyDeleteP
ReplyDeleteMas klo Izazah Darat nya D3 Trus lautnnya ANT 3
ReplyDeleteKalau lanjut kuliah kan ANT 3 nya berubah jadi ANT 2
Klo izazah darat D3 nya jadi apa ya mas
Untuk melanjutkan kuliah S1 , serta melamar kerja didarat, seperti ijasah umum lainnya, semoga membantu
ReplyDeleteIzin bertanya mas, kalo jurusan ketatalaksanaan pelayaran niaga itu dapet gelar perwira gak ya?
ReplyDeleteijin tanya mas, suami saya kuliah nautika tapi cuma ambil D3 nya aja mas karna dulu maslah biaya juga . nah kalo untuk sekarang bisa apa ga ya untuk ambil ANT nya mas ?? dan bgaimana caranya .. mohon bantuan nya
ReplyDeleteLucky Club Casino Site Review and Bonus ᐈ Get 80 Free Spins
ReplyDeleteLucky Club Casino is an luckyclub.live online casino operated by the same company owned and operated by Apollo Gaming Limited. It is operated by